ads

Makanan yang Dilarang untuk Ibu Hamil


1. Daging Mentah atau Daging yang Diolah Kurang Baik
Daging baik untuk kesehatan. Namun jika cara pengolahannya kurang baik, daging justru menjadi sumber penyakit bagi tubuh karena daging dapat membawa bakteri yang berbahaya bagi tubuh.
2. Keju Lunak dan Susu yang Tidak Dipasteurisasi
Keju lunak dan susu yang tidak dipasteurisasi lebih rawan mengandung bakteri listeria yang sangat tidak aman untuk ibu hamil.
3. Makanan yang Terkontaminasi Logam Berat
Kerang dicurigai mengandung banyak logam berat. Hal ini tentu sangat tidak dianjurkan bagi kesehatan. Selain itu ikan-ikan seperti ikan tuna steak, ikan sea bass, ikan hiu dan ikan-ikan lain yang berukuran besar mengandung banyak mercury.
4. Telur Mentah
Telur mentah mengandung salmonella yang dapat memberikan dampak seperti diare, mual, kram perut, sakit kepala dan muntah-muntah.
5. Alkohol
Alkohol dapat mengakibatkan kecacatan pada janin.
6. Sayuran dan Buah-buahan yang Tidak Dicuci
Sayuran dan buah-buahan yang tidak dicuci biasanya mengandung pestisida.
7. Makanan Kaleng
Makanan yang mengandung bahan pengawet, pewarna dan penyedap tidak aman untuk ibu hamil. Hindari makan makanan kaleng, mie instan dan makanan lain yang mengandung bahan kimia yang berbahaya.
8. Makanan yang Mengandung Gula Buatan
Hindari makanan yang mengandung gula buatan seperti biscuit, permen, soft drink. Gula buatan selain meningkatkan resiko obesitas juga dapat mengakibatkan kerusakan gigi, diabetes dan lain-lain.
9. Makanan Ringan yang Mengandung Banyak Lemak
Jika Anda ingin mengemil, lebih baik Anda mengkonsumsi makanan ringan yang rendah lemak seperti jagung bakar atau rebus, yogurt atau menggantinya dengan makan buah-buahan.
10. Makanan yang Mengandung Kafein
Kurangi minum kopi atau teh ( tidak lebih dari dua cangkir sehari ). Hal ini dikarenakan kafein dapat menyebabkan bayi lahir dengan berat badan kurang bahkan keguguran. Selain itu tannin dalam teh dapat mengurangi penyerapan zat besi yang sangat dibutuhkan untuk ibu hamil.
11. Makanan Diet Rendah Karbohidrat
Untuk menjaga penampilan agar tetap menarik, masih saja ada ibu hamil yang mengurangi asupan karbohidrat. Hal ini sudah tentu tidak boleh dilakukan karena janin dalam kandungan membutuhkan gizi yang cukup.
Selalu perhatikan asupan nutrisi untuk kesehatan ibu dan janin. Semoga kehamilan Anda berjalan lancar dan lebih sehat.