ads

jeruk nipis dan kecap untuk obat batuk anak

Resep herbal di indonesia sangatlah banyak ragamnya, salah satu resepnya adalah jeruk nipis yang dapat meredakan bahkan untuk menyembuhkan batuk. Sebenarnya tidak hanya meredakan batuk tetapi juga bermanfaat untuk kesehtan lainnya.


Air jeruk nipis telah di gunakan sejak lama sebagai obat herbal oleh para leluhur kita, sebab menurut pakar obat-obatan herbal dri Universitas Indonesia dulu tanaman jeruk nipis sangat mudah di jumpai di setiap pekarangan rumah, Jadi sudah menjadi hal yang umum.
Apa sih kandungan jeruk nipis kok di kait-kaitkan dengan batuk? katanya bisa sebagai obat batuk alami.
Jeruk nipis atau dengan nama ilmiah Citrus aurantifolia air perasan buah ini mengandung minyak astiri dan zat lainnya yang dapat mengontrol otot-oto di pernafasan yang beguna meredakan batuk. 
Seperti yang telah saya katakan sebelumnya bahwa tidak hanya batuk yang dapat di atasi oleh jeruk nipis, beberapa masalah kesehatan seperti jerawat, meningkatkan nafsu makan, mengatasi serak, mencerahkan kulit kusam berminyak, mencegah rambut rontok dll.
Berikut ini beberapa resep jeruk nipis untuk mengatasi batuk yang dapat Anda peraktekkan dirumah berdasarkan paparan seorang profesor dan ahli obat herbal UI yang saya peroleh dari membaca. :

Air Jeruk Nipis Dan Kecap

Untuk membuat obat batuk herbal ini Anda butuh sebutir air jeruk nipis sebenayak satu sendok makan, kemudian campurkan sedikit saja kecap manis dan resep siap di gunakan. Mungkin Anda menumukan artikel lain yang menganjurkan untuk di panaskan hingga didih, tetapi cara ini tidak saya anjrukan karena dapat merusak vitamin C (sifat Vitamin ini mudah rusak di suhu tinggi)
Taukah Anda apa fungsi kecap pada resep obat batuk herbal ini? Penambahan kecap pada perasan jeruk nipis pada dasarnya tidak tidak berkahasiat untuk mengatasi batuk melainkan agar jeruk nipis dapat di konsumsi dengan cara mengurangi kadar asam yang tinggi sehingga lebih nyaman untuk diminum.

Air Jeruk Nipis Dan Madu

Sama halnya dengan kecap di atas, hanya saja madu memiliki khasiat untuk tubuh kita. Jadi anda dapat mengganti kecap dengan madu jika rasanya tidak enak. 

Jeruk Nipis Dan Air Gula

Jika Anda merasa tidak cocok dengan campuran madu dan kecap para resep jeruk nipis untuk obat batuk bisa kok pake air gula sebagai campurannya. Usahakan penyajiannya dalam ke adaan hangat dan hindari panas. 
Demikian ulasan mengenai Resep Jeruk Nipis Untuk Menyembuhkan Batuk semoga dapat di peraktekkan di rumah dan dapat mengatasi batuk. Owh ia hampri lupa, untuk aturan minumnya dapat di minum 3 kali sehari atau sebelum tidur. Perbanyak minum air putih ketika tenggorokan gatal hingga dahak keluar. Terimakasih untuk kunjungannya. 

Kandungan vitamin

Jeruk nipis kaya dengan berbagai vitamin, mineral serta zat-zat lain. Tak heran bila buah ini sering dijadikan simbol berbagai produk vitamin atau suplemen makanan. Rata-rata dalam sebutir jeruk nipis mengandung 30 mg vitamin C. Jumlah tersebut bisa mencukupi hingga 30% kebutuhan harian vitamin C tubuh manusia.
Vitamin C peranannya amat sentral bagi pertumbuhan dan perkembangan tubuh kita. Vitamin C mudah terbawa keluar dari tubuh lewat urin. Jadi, setiap hari tubuh memerlukan asupan vitamin C secara terus menerus.
Vitamin C dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh yang rusak. Penting untuk membantu proses pembentukan kulit, otot dan pembuluh darah dalam tubuh. Juga memelihara kekuatan tulang dan gigi.
Vitamin C juga merupakan zat antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas. Seperti sudah diketahui, zat radikal bebas berperan terhadap proses penuaan dan juga dituduh sebagai salah satu penyebab kanker dan berabagai penyakit lain. Keberadaan radikal bebas ini tersebar di sekitar kita.
Tidak hanya vitamin C, jeruk nipis juga merupakan salah satu sumber vitamin A, vitamin B dan folat. Fungsi vitamin A yang paling terkenal adalah menjaga kesehatan mata. Disamping itu membantu pembentukan sel-sel baru dan penyembuhkan peradangan.
Sedangkan vitamin B mempunyai manfaat untuk membantu kinerja sistem saraf pusat sampai mendukung sistem kekebalan tubuh kita. Kandungan folat pada jeruk nipis juga bermanfaat bagi ibu hamil dimana kebutuhan akan asupan asam folat diperlukan untuk mencegah risiko kecacatan pada bayi.

Manfaat lain jeruk nipis

Dalam khasanah pengobatan tradisional, jeruk nipis banyak dimanfaatkan untuk mengobati atau meredakan berbagai gangguan kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat jeruk nipis untuk kesehatan dan kecantikan tubuh:
  • Membantu menghilangkan jerawat
  • Membantu merawat kualitas kulit wajah
  • Membantu mencerahkan kulit wajah dan menghilangkan noda-noda bekas jerawat
  • Membantu merawat berbagai permasalahan kesehatan rambut seperti rontok, berketombe, kulit kepala berminyak, dan rambut sulit diatur
  • Membantu menghilangkan bau badan dengan cara mengolesi bagian dalam jeruk nipis dengan kapur sirih lalu oleskan secara rutin pada ketiak Anda
  • Sangat baik untuk diet
  • Membantu melancarkan pencernaan
  • Sebagai salah satu sumber vitamin dan mineral
  • Membantu mengatasi sembelit
  • Membantu mengobati penyakit kuning
  • Membantu mengatasi masalah buang air kecil
  • Membantu memperkuat kekebalan tubuh
  • Membantu meredakan batuk
  • Membantu mengobati amandel
1. Nama tanaman
Tanaman Citrus aurantifolia (Cristm.) Swingle dikenal di pulau Sumatra dengan nama Kelangsa (Aceh), di pulau Jawa dikenal dengan nama jeruk nipis (Sunda) dan jeruk pecel (Jawa), di pulau Kalimantan dikenal dengan nama lemau nepi, di pulau Sulawesi dengan nama lemo ape, lemo kapasa (Bugis) dan lemo kadasa (Makasar), di Maluku dengan naman puhat em nepi (Buru), ahusi hisni, aupfisis (Seram), inta, lemonepis, ausinepsis, usinepese (Ambon) dan Wanabeudu (Halmahera) sedangkan di Nusa tenggara disebut jeruk alit, kapulungan, lemo (Bali), dangaceta (Bima), mudutelong (Flores), mudakenelo (Solor) dan delomakii (Rote).
Sinonim : Limonia aurantifolia Christm., Limon spinosum Mill., Citrus limonia Osbeck, Citrus lima Luman, Citrus spinosissima G.F.W. Meyer, Citrus acida Roxb., Citrus aurantium
b. Klasifikasi tumbuhan
Kingdom : Plantae
Divisio : Spermatophyta
Subdivisio : Angiospermae
Klas : Dicotyledonae
Bangsa : Rutales
Famili : Rutaceae
Genus : Citrus
Species : Citrus aurantiifolia (Cristm.) Swingle

3, Morfologi tumbuhan
Jeruk nipis  termasuk salah satu jenis citrus Geruk. Jeruk nipis termasuk jenis tumbuhan perdu yang banyak memiliki dahan dan ranting. Tingginya sekitar 0,5-3,5 m. Batang pohonnya berkayu ulet, berduri, dan keras. Sedang permukaan kulit luarnya berwarna tua dan kusam. Daunnya majemuk, berbentuk ellips dengan pangkal membulat, ujung tumpul, dan tepi beringgit. Panjang daunyya mencapai 2,5-9 cm dan lebarnya 2-5 cm. Sedangkan tulang daunnya menyirip dengan tangkai bersayap, hijau dan lebar 5-25 mm.
Bunganya berukuran majemuk/tunggal yang tumbuh di ketiak daun atau di ujung batang dengan diameter 1,5-2,5 cm. kelopak bungan berbentuk seperti mangkok berbagi 4-5 dengan diameter 0,4-0,7 cm berwama putih kekuningan dan tangkai putik silindris putih kekuningan. Daun mahkota berjumlah 4-5, berbentuk bulat telur atau lanset dengan panjang 0,7-1,25 cm dan lebar 0,25-0,5 cm berwarna putih
Tanaman jeruk nipis pada umur 2 1/2 tahun sudah mulai berbuah. Buahnya berbentuk bulat sebesar bola pingpong dengan diameter 3,5-5 cm berwarna (kulit luar) hijau atau kekuning-kuningan. Tanaman jeruk nipis mempunyai akar tunggang. Buah jeruk nipis yang sudah tua rasanya asam. Tanaman jeruk umumnya menyukai tempat-tempat yang dapat memperoleh sinar matahari langsung.

4. Kandungan dan khasiat tumbuhan
Jeruk nipis  mengandung unsur-unsur senyawa kimia yang bemanfaat, misalnya: asam sitrat, asam amino (triptofan, lisin), minyak atsiri (sitral, limonen, felandren, lemon kamfer, kadinen, gerani-lasetat, linali-lasetat, aktilaldehid, nonildehid), damar, glikosida, asam sitrun, lemak, kalsium, fosfor, besi, belerang vitamin B1 dan C. Selain itu, jeruk nipis juga mengandung senyawa saponin dan flavonoid yaitu hesperidin (hesperetin 7-rutinosida), tangeretin, naringin, eriocitrin, eriocitrocide. Hesperidin bermanfaat untuk antiinflamasi, antioksidan, dan menghambat sintesis prostaglandin. Hesperidin juga menghambat azoxymethane (AOM) yang menginduksi karsinogenesis pada colon kelinci, dan juga menghambat N-butil-N-(4-hidroksi-butil) nitrosamin yang menginduksi karsinogenesis pada kandung kemih tikus (Chang, 2001). Jeruk nipis juga mengandung 7% minyak essensial yang mengandung citral, limonen, fenchon, terpineol, bisabolene, dan terpenoid lainnya. Guo, et al. (2006) telah meneliti bahwa D-Limonene dapat menghambat proliferasi dan menginduksi apoptosis pada sel HL-60 dan sel K562.
Buah jeruk nipis berkhasiat sebagai obat batuk, obat penurun panas, dan obat pegal linu. Selain itu, buah jeruk nipis juga bermanfaat sebagai obat disentri, sembelit, ambeien, haid tidak teratur, difteri, jerawat, kepala pusing/vertigo, suara serak batuk, menambah nafsu makan, mencegah rambut rontok, ketombe, flu/demam, menghentikan kebiasaan merokok, amandel, penyakit anyang-anyangan, mimisan, radang hidung (getahnya), dan lain sebagainya.