ads

6 Cara Mengatasi Nyeri Punggung Saat Usia Kandungan Sudah Besar

Gimana Cara Mengatasi Nyeri Punggung Ketika Hamil Besar? Nampaknya keluhan pegal, sakit dan nyeri di bagian punggung ibu hamil saat usia kandungan semakin membesar kerap kali dialami oleh ibu jabang. Ini biasa saja terjadi karena beban yang harus ditopang semakin berat. Atau karena alasan lain, misalnya kerena bertambahnya berat badan, jenis postur tubuh, perubahan hormonal, stres emosional dan kemungkinan pemisahan otot rahim.


Namun hal ini lumrah dan biasa dialami oleh sebagian besar ibu hamil, nyeri punggung biasanya akan terasa jika sudah mencapai usia kandungan paruh kedua masa kehamilan. Untuk menyikapi masalah ini Anda tidak usah khawatir. Sebab, ada Tips dan cara paling tepat untuk mengatasi masalah nyeri punggung saat hamil yang bisa Anda coba. Berikut adalah 6 Tips Cara Menghilangkan Rasa Nyeri Di Punggung Saat Hamil Besar seperti yang kami kutip dari Vemale.com (13/12/14).

1. Olahraga dengan gerakan ringan

Lakukan olahraga ringan. Dengan berolahraga ringan untuk ibu hamil yang dilakukan secara teratur dapat memperkuat otot rahim dan bermanfaat untuk meningkatkan fleksibilitas sebelum melahirkan. Selain itu, berolahraga juga dapat mengurangi stres dan tekanan pada tulang bagian belakang Anda. Jenis olahraga yang aman bagi wanita hamil yaitu berenang, berjalan dan bersepeda statis. 

2. Memperbaiki Posisi Tubuh Anda

Tempatkan posisi tubuh yang tepat saat bekerja, carilah posisi yang membuat anda nyaman dan relaks.  Ketika Anda duduk, letakkanlah bantalan di belakang punggung, istirahatkan kaki Anda pada bangku kecil untuk slonjoran, duduklah dengan tegak. Cara ini cukup membantu Anda menghilangkan pegal-pegal di bagian punggung karena beban selama mengandung.

3. Kompres Panas dan Dingin

Dengan melakukan pengompresan panas dan dingin di bagian punggung Anda yang sakit bisa sangat membantu menghilangkan nyeri. Lakukanlah dengan cara kompres dingin seperti kantong es yang dibungkus handuk, tempatkan diarea yang dirasa sakit selama 20 menit, lakukan kompres dingin beberapa kali sehari. Selanjutnya lakukan kompres panas, caranya setelah pengompresan dingin dilakukan selama tiga hari, maka beralihlah ke kompres panas dengan menggunakan bantal pemanas atau botol air panas di bagian punggung yang sakit. Ingat..! Usahakan botol yang berisi air panas jangan sampai diletakkan di perut Anda selama kehamilan.

4. Akupuntur

Cara ini terbilang efektif untuk menghilangkan rasa nyeri punggung saat kehamilan. Akupuntur merupakan metode pengobatan Cina menggunakan jarum tipis yang ditusukkan di area tertentu yang sakit. Berdasarkan penelitian, akupuntur  sangat bermanfaat untuk mengurangi nyeri punggung selama kehamilan. 

5. Konseling

Nah, apabila nyeri punggung yang Anda alami berhubungan dengan stres, berkonsultasilah dengan teman, saudara, keluarga atau seorang konselor yang dapat membantu Anda keluar dari masalah.

6. Chiropractic

Metode ini cukup aman, namun untuk melakukan perawatan Chiropractic sebaiknya berkonsultasilah dahulu dengan dokter. 

Itulah beberapa Tips dan Cara untuk Menghilangkan Rasa Nyeri Punggung Saat Hamil yang bisa Anda coba, semoga tips ibu hamil ini bermanfaat. Dan harus diingat, Kesehatan dan Keselamatan Bayi dan Bunda itu sangat pengting, lakukan konsultasi kepada dokter sebelum melakukan sesuatu.