ads

Makanan yang Dianjurkan untuk Ibu Hamil



1. Telur
Selain mengandung banyak vitamin dan mineral, telur juga mengandung banyak protein berkualitas. Sebagai wanita hamil, Anda membutuhkan protein tersendiri. Telur juga kaya akan kolin yang baik untuk pertumbuhan dan kesehatan otak bayi, serta mencegah cacat tabung syaraf. Selain itu, telur juga mengandung lemak omega-3 yang penting untuk otak dan penglihatan bayi. Telur tinggi akan kolesterol, namun juga relatif memiliki kandungan lemak jenuh yang rendah. Bagi wanita sehat dengan kolesterol darah normal dapat mengkonsumsi satu sampai dua telur setiap hari.
2. Ikan Salmon
Seperti halnya telur, ikan salmon juga mengandung banyak protein berkualitas. Ikan salmon juga mengandung omega-3. Dibandingkan ikan jenis lain, ikan salmon memiliki jumlah mercury yang lebih rendah. Hal ini menghindari dari bahaya mercury dalam proses perkembangan system syaraf bayi. Untuk menghindari bahaya mercury sebaiknya mengkonsumsi ikan salmon dengan batasan 12 ons per minggu.
3. Kacang
Manfaat kacang untuk ibu hamil sudah tidak diragukan lagi. Ada begitu banyak jenis kacang, buncis adalah salah satu pilihan terbaik untuk ibu hamil. Buncis mengandung protein dan serat yang paling banyak dibandingkan dengan sayuran. Protein pasti sangat penting untuk pertumbuhan janin, namun serat memiliki peran yang tidak kalah penting. Selama masa kehamilan ibu lebih sering mengalami gangguan pencernaan, seperti saluran pencernaan melambat. Hal ini dapat menyebabkan sembelit bahkan wasir. Untuk itu mengonsumsi makanan yang mengandung serat dapat mengurangi resiko Anda terkena sembelit dan wasir. Kacang juga merupakan sumber zat besi, folat, kalsium dan seng.
4. Sayur dan Buah-buahan
Sayur dan buah mengandung banyak vitamin dan mineral. Untuk itu, ibu hamil sangat dianjurkan mengonsumsi sayur dan buah-buahan. Namun juga tidak terlalu berlebihan. Sebagai contoh sayuran dan buah-buahan yang baik untuk ibu hamil adalah bayam, daun pepaya, daun katuk, apel, jeruk dan lain-lain.