ads

makanan ibu hamil


Kehamilan adalah masa-masa paling ditunggu oleh para wanita yang sudah menikah. Tak pelak ibu hamil muda sangat berupaya menjaga kandungannya agar tetap sehat hingga kelahiran. Hal tersebut tidak terkecuali denganm mengonsumsimakanan sehat untuk ibu hamil muda. Makanan memang harus benar-benar diperhatikan karena asupan gizi yang masuk ke dalam tubuh akan diteruskan lagi kepada sang calon bayi. Jika ibu dan calon bayi tidak mendapatkan cukup nutrisi maka yang ada keduanya malah ‘drop’. Janin akan mengambil nutrisi dari tubuh ibu, ibu kehilangan energi dan mengalami kondisi buruk yang akhirnya membahayakan keduanya.
Nah, makanan sehat untuk ibu hamil muda apa saja yang sebaiknya dikonsumsi? Berikut daftar makanan tersebut yang bisa selalu dipastikan ada di rumah:
1. Makanan yang dimasak matang
Yang paling pertama harus diketahui oleh ibu hamil adalah makanan harus dimasak hingga matang. Sangat tidak disarankan untuk mengonsumsi makanan-makanan mentah ataupun setengah matang. Sebagai contoh, telur mentah ataupun setengah matang bisa saja mengandung bakteri Salmonella yang dapatmembahayakan janin dalam kandungan. Maka dari itu pula, ibu hamil sebaiknya berhenti dulu mengonsumsi sushi, atau pilih saja sushi vegetarian. Begitu juga dengan keju lembek dan susu yang tidak disterilkan sangat tidak disarankan.
2. Makan sayur dan buah
Sayuran hijau seperti selada, buncis sangat bagus untuk ibu hamil muda. Ibu hamil pun disarankan untuk rajin mengonsumsi kentang, ubi serta kacang-kacangan. Ya, tidak ada yang menolak bahwa sayuran dan buah adalah nutrisi yang paling baik untuk semua orang, termasuk ibu hamil muda. Sayuran dan bauh dengan kandungan asam folat dan zat besi sangat baik untuk perkembangan otak janin. Kandungan ini pun menimalisir resiko terjadinya cacat pada bayi ketika lahir.
3. Seafood
Seafood atau makanan laut mengandung asam lemak, omega-3 dan asam lemak DHA yang membantu perkembangan otak awal pada janin. Beberapa jenis ikan seperti Atlantic Salmon, tuna (namun hindari tuna kaleng putih), ikan cod Pasifik, kepiting dan udang.
4. Daging
Daging merupakan salah satu asupan penting bagi tubuh ibu hamil muda. Ini dikarenakan daging kaya akan kalori, seng dan protein. Beberapa sumber lemak hewani itu adalah bagian daging tanpa lemak ayam, babi dan daging sapi kalkun. Tetapi, Anda tidak dianjurkan untuk mengonsumsi daging mentah ataupun setengah masak. Ini dikarenakan terdapat bakteri dalam daging yang berbahaya bagi ibu hamil dan janin. Maka dari itu pastikan daging benar-benar matang.
Perlu diingat pula bagi ibu hamil muda bahwa mereka harus mengubah cara makan mereka. Ibu hamil muda dianjurkan untuk mengonsumsi makanan tambahan 300 kalori per hari dibandingkan jika dulu mereka belum hamil. Ini dikarenakan yang membutuhkan nutrisi tersebut bukan hanya sang ibu tetapi juga janin dalam kandungannya. Maka dari itu pula pada saat hamil muda, ibu tidak disarankan untuk diet.
Sebagai tips bagi Anda yang sedang hamil adalah makan dengan porsi kecil saja tetapi sering, Umunya ibu hamil pada trisemester mengalami keluhan mual, jadi Anda bisa mengatasinya dengan makan dengan porsi kecil saja namun sering. Tidak lupa pula perhatikan minuman Anda dengan mengonsumsi susu ibu hamil yang mengandung kalsium agar ibu tidak mengalami osteoporosis dan kandungan asam folat serta vitamin lainnya. Pun tidak lupa untuk minum air mineral secukupnya, disertai minum vitamin secara teratur.